Home » » Penjelasan dan Fungsi Menu atau Fitur pada Blogger (2015)

Penjelasan dan Fungsi Menu atau Fitur pada Blogger (2015)

Written By Unknown on Friday 20 March 2015 | 11:18:00 pm

Penjelasan dan Fungsi Menu atau Fitur di Blogger (Blogspot)

Mengenal Fungsi Bagian pada Fitur atau Menu Dasbor di Blogger (Blogspot)|. Mungkin bagi para blogger yang sudah ahli artikel ini tidak terlalu penting. Tapi pada awal saya buat blog lewat blogger sangat binggung dengan fitur yang ada di blogger. Karena itu, saya membuat artikel ini untuk mempermudah blogger yang baru belajar nge-blog. Langsung saja, pada gambar di bawah ini adalah tampilan halaman Dasbor blogger yang anda jumpai saat setelah login Blogger.com
   
Halaman Dasbor Blogger
Merupakan halaman utama dari akun blogger yang berisi tentang semua informasi umum dan pengaturan akun blogger seperti mengatur account dan profile, membuat blog baru dan lain sebagainya. Berikut ini Fungsi fitur pada dasbor blogspot (blogger) akan saya jelaskan menurut angka seperti pada gambar di atas.
  1. Pada fitur nomor satu anda dapat melihat Profil Blogger dan mengeditnya,mulai dari Privasi, Identitas, ubah Foto Profil, dll. Pada fitur nomor satu ini anda dapat masuk pada setelan akun profil Google+ dan pada fitur blogger nomor satu ini adalah satu-satunya fitur yang digunakan untuk keluar akun blogger anda.
  2. Pada fitur nomor dua berfungsi untuk merubah bahasa utama dari Inggris, Indonesia dll.
  3. Fitur nomor tiga ini berfungsi untuk melihat Home page blogger anda. 
  4. Pada fitur nomor empat anda dapat melakukan peninjauan luas pada blogger anda atau gambaran ikhtisar yang terdiri dari beberapa bagian yang penting pada blogger. Jika anda klik dan pilih salah satunya anda akan menuju pada halaman seperti di bawah ini atau biasa disebut halaman ikhtisar
Tombol "Entri baru" digunakan untuk membuat postingan baru. Setelah anda klik akan menuju halaman postingan.
Ikhtisar 
digunakan untuk melihat gambaran jumlah penayangan, ringkasan statistik, dan pembaruan.

Pos 
digunakan untuk melihat dan mengedit artikel yang sudah anda publikasikan. 
Laman
fitur yang digunakan untuk menambah laman baru/laman mandiri/Static page. 
Komentar 
fitur untuk melihat komentar masuk dan yang terpenting adalah anda dapat melihat/menghapus komentar spam atau komentar yang tidak relevan dengan konten pada blogger anda.
Google+
Pada fitur google plus, anda bisa meningkatkan jumlah penayangan blog dengan membagikan entri secara otomatis pada akun google plus anda, menggunakan google plus komentar, membuat laman google plus dan menambahkan gagdet google plus followers. Tapi fitur ini hanya dapat di gunakan jika blog anda telah terhubung ke profil google plus.

Statistik
Fitur ini memiliki fungsi yang sama dengan menu ikhtisar tapi menampilkan lebih detail jumlah statistik penanyangan secara keseluruhan seperti yang saya jelaskan di bawah ini.
  1. Pada cuplikan fitur statistik, anda bisa mengetahui penayangan hari ini, kemarin, bulan lalu dan riwayat sepanjang waktu.
  2. Pada menu Pos, anda dapat mengetahui jumlah seluruh penayangan tiap entri/pos dan laman.
  3. Pada menu sumber lalu lintas, anda dapat melihat jumlah url perujuk, situs perujuk dan penayangan entri sesuai kata kunci penelusuran yang di ketik pengguna di mesin pencari/search engine.
  4. Pada menu pemirsa, anda dapat melihat jumlah penayangan entri menurut negara, penayangan menurut browser dan penayangan menurut sistem operasi yang di gunakan oleh pengunjung.
Penghasilan
di Fitur ini, anda mendapat penawaran untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense yang bekerja sama dengan blogger. google adsense adalah program periklanan google dimana anda pasang iklan dan akan dibayar setiap terjadi klik pada iklan tersebut. Untuk mendaftarkan blog anda pada google adsense anda cukup mengajukan permohonan dengan cara mengklik tombol "mendaftar Google adsense".
Tata letak 
Fitur menu tata letak dapat di gunakan untuk desainer template seperti menambahkan gadget, edit gadget, menghapus gadget dan mengatur lebar kolom gadget. Dengan fitur ini anda dapat membuat navigasi yang lebih jelas dan mempermudah pengunjung/pemirsa menelusuri halaman blog anda. Jadi tambahkan gadget yang menurut anda penting saja, untuk kebutuhan pengunjung/pemirsa blog anda.
Kampanye
Fitur ini membantu mempromosikan blog anda dan digunakan untuk membuat iklan blog anda.

Template 
Fitur ini digunakan untuk mengganti template blog anda dan mengeditnya html nya untuk menambahkan meta tag deskripsi, kata kunci, title tag, meta tag verifikasi kepemilikan situs, link author, tag google analytics, dan rel canonical.

Petunjuk singkat fitur Template :
  • klik "Cadangkan / Pulihkan" untuk membackup template atau upload template
  • klik "Edit HTML" untuk mengedit html template atau menambah kode html yang di butuhkan, berguna sebagai optimasi on page blog.
  • klik "Sesuaikan" untuk mengedit template default blog dan digunakan merancang template blog anda, menyesuaikan tata letak gadget, warna, font dan lain-lain.
  • Seluler atau klik gambar "Gear" untuk menyesuaikan tampilan blog versi mobile untuk pengguna perangkat mobile.
Setelan/Settings
Menu ini digunakan untuk pengaturan blog anda yang terdiri dari :
a. Dasar
Berisi informasi dasar digunakan untuk mengatur judul blog, deskripsi blog, privasi, alamat blog dan izin blog siapa saja yang dapat menjadi penulis dan pembaca blog.

b. Pos dan Komentar
Digunakan untuk mengatur postingan dan komentar blog anda. Seperti mengatur jumlah posting dihalaman utama blog anda, menentukan letak form komentar blog, mengatur ijin komentar blog anda, setting moderasi komentar blog, verifikasi kata dan lain-lain.

c. Seluler dan Email
Fitur ini berguna untuk posting melalui sms/mms dari ponsel dan juga untuk mempublikasikan pos menggunakan email.

d. Bahasa dan Pemformatan
Digunakan untuk mengatur bahasa pada blog dan juga mengatur format wilayah waktu setempat.

e. Preferensi Penelusuran
berguna untuk mengatur kesalahan dan pengalihan dan juga setting robot.txt

f. lainnya
Berisi menu untuk mengimpor, ekspor,  hapus blog, umpan situs, open id, konten dewasa,  dan google analystics.

Sekian dulu artikel tentang fitur-fitur yang ada di blogger. Semoga artikel Penjelasan dan Fungsi Menu atau Fitur pada Dasbor Blogger ini bisa bermanfaat. Salam blogger.
Terimakasih atas kunjungannya....
Share this article :

Blog Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Blog Stats

Popular Posts

Terima Kasih. Powered by Blogger.
 
Support : Partner Blog | Furniture Jepara | Your Link
Copyright © 2015. Belajar Bersama - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Belajar Bersama
Proudly powered by Blogger