Home » » PENGERTIAN UKIR DAN ORNAMEN

PENGERTIAN UKIR DAN ORNAMEN

Written By Unknown on Sunday 16 December 2012 | 2:13:00 pm


  A.   Pengertian Ukiran

Masalah pada ukir tidak dapat dipisahkan dengan dunia seni, khususnya seni rupa yang didalamnya penuh dengan keindahan dan kehalusan rasa. Karya seni ukir merupakan karya kasat mata yang langsung dapat dinikmati oleh semua orang, baik dari wujud dasarnya maupun teknik yang digunakan. Dilhat dari disainnya menunjukan gambar hiasan yang berulang ulang maupun sambung menyambung satu dengan yang lain. Sedangkan dilihat dari teknik pembuatannya hasilnya merupakan bentuk cekung cembung yang sambung menyambung.
Ukir atau ukiran adalah merupakan teknik cuklikan atau kruwikan yang sambung menyambung cuklikan atau kruwikan dapat mewujudkan bentuk karya yang indah melaui tangan terampil.
Pendapat lain tentang ukir atau ukiran adalah hasil suatu gambaran yang dibuat manusia pada suatu permukaan yang dilaksanakan sedemikian rupa dengan alat-alat tertentu sehingga permukaan asal mulanya rata menjadi tidak rata atau menjadi kruwikan dan bulatan.
Dari kedua pendapat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa ukiran adalah teknik menghias pada suatu benda cara menyusuk, membulat, dan mennggores suatu ornamen sehingga menghasilkan suatu bentuk cembung dan cekung sambung menyambung secara artistic dan estetis.

  B.    Penertian Ornament
Ornament berasal dari bahasa Yunani dari kata “ornare” yang artina hiasan atau perhiasan. Ornament atau ragam hias itu sendiri terdiri berbagai jenis motif, dan motif itulah yang digunakan sebagai penghias sesuatu yang ingin kita hiasi oleh karena itu motif adalah dasar untuk menghias suatu ornament.
Ornament tersebut untuk menghias suatu bidang atau benda, sehingga benda tersebut menjadi indah. Contoh hiasan kulit, buku, piagam, kain batik, vas bunga, dan lain-lain. Pada mulanya ornament tersebut berupa garis lurus, garis patah, garis miring, garis sejajar, garis lengkung, lingkaran dan sebagainya yang kemudian berkembang menjadi bermacam-macam bentuk yang beraneka ragam coraknya.
Dalam penggunaanya ornament tersebut ada yang hanya satu motif saja, dua motif atau lebih, pengulangan motif,kombinasi motif dan ada pula yang “distilasi” atau digayakan. Pada dasrnya jenis motif itu terdiri dari :

  1.   Motif geometris
  Motif geometris terdiri dari garis lurus, garis patah, garis sejajar, lingkaran    dan  sebagainya.

  2.   Motif naturalis
 Motif naturalis merupakan motif tumbuh-tumbuhan dan binatang (hewan) dan sebagainya.

            1)   Gambar-gambar motif hias ornament geometris :
ornament geometris Garis gelombang (ukir) ornament geometris Berlian (ukir)
     
Gambar gelombang dan lingkaran

Berlian


ornament geometris Ikal (ukir)
     
Ikal

ornament geometris Swastika (ukir)
    
Swastika
ornament geometris Meander (ukir)
     


Meander
ornament geometris Guirlande (ukir)
       
Guirlande


ornament geometris Tumpal (ukir)




                     Tumpal








   2) Gambar motif-motif hias naturalis :
Gambar motif-motif naturalis (ukir)



Share this article :

Blog Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Blog Stats

Popular Posts

Terima Kasih. Powered by Blogger.
 
Support : Partner Blog | Furniture Jepara | Your Link
Copyright © 2015. Belajar Bersama - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Belajar Bersama
Proudly powered by Blogger